DLH Parimo Meminta Sejumlah Pedagang Tetap Menjaga RTH

oleh -756 Dilihat
oleh
Pembersihan Salah Satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Parigi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parimo, Sulawesi Tengah. (Foto : Tomy Noho)

PARIMO, Kompas Sulawesi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Mohamad Irfan meminta sejumlah pedagang secara swadaya untuk tetap menjaga delapan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tetap terpelihara.

“Kami kesulitan mengelola delapan RTH, di karenakan tahun ini tidak di anggarkan pemerintah,” ujar Kepala DLH Parimo, Mohamad Irfan. Rabu (09/02/2022).

Dia menyebutkan, tahun ini pihaknya tidak mendapatkan anggaran pengelolaan dan pemeliharaan RTH yang ada di wilayah setempat.

Karena keterbatasan anggaran, pihaknya berupaya mencari solusi dengan menginventarisasi para pedagang dan pelaku usaha yang berada di beberapa RTH.

“Saat ini saya banyak komplen baik dari masyarakat dan orang-orang terdekat, terkait masalah yang terjadi di beberapa RTH, seperti kerusakan beberapa tanaman yang ada, dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia mengutarakan, pada tahun sebelumnya saat di alihkan dari Dinas PUPRP ke DLH, pihaknya masih mendapatkan anggaran pengelolaan dan pemeliharaan sekitar Rp300 juta.

Olehnya, pihaknya berencana akan mengundang para pedagang dan pelaku usaha untuk di mintai pendapat terkait kontribusi pemeliharaan dan kebersihan RTH.

“Beberapa RTH telah banyak di gunakan sebagai tempat berjualan oleh para pedagang, bahkan ada yang di jadikan wahana bermain anak-anak,” urainya.

Sebab, semua itu tergantung kesepakatan bersama para pelaku usaha, jika mereka bersedia secara swadaya membantu RTH agar tetap terpelihara, pihak DLH akan memfasilitasinya.

“Soal kontribusi, mereka yang mengelolanya, kami hanya menunggu saran dari mereka,” pungkasnya.

Laporan: Aid Lumpati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *