Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi 29-30 April

oleh -3284 Dilihat
oleh
Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi 29-30 April
Ilustrasi kemacetan di Tol dalam kota saat arus mudik lebaran. (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA, Kompas SulawesiPolisi memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H akan terjadi pada 29-30 April 2022.

Sedangkan baliknya arus mudik diprediksi terjadi mulai 7-8 Mei 2022.

Menurut Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, titik yang bakal rawan kemacetan selama arus mudik lebaran adalah ruas arteri, hingga tempat wisata.

“Titik-titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri/nasional, tol dan wisata. Namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” kata ia, saat dihubungi wartawan, Jumat (08/04/2022).

Olehnya, adapun untuk mengurai kemacetan dan menghindari kemacetan di jalan tol, polisi mempersiapkan beberapa upaya. Salah satunya buka tutup dan contra flow.

“Untuk rest area kita siapkan CB (cara bertindak) buka tutup dan contra flow,” ujarnya.

Eddy juga menegaskan, pihaknya telah mempersiapkan skenario untuk mengantisipasi kemacetan, mulai dari normal, padat, macet, hingga emergency.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi adanya lonjakan mobilitas saat arus mudik tahun ini, jika dibandingkan dengan kondisi dua tahun lalu. Pemerintah sempat melarang mudik pada 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub Maret 2022, sebanyak 76-86 juta orang berencana untuk melakukan mudik untuk Idul Fitri tahun ini. Angka tersebut melonjak sangat tinggi apabila dibandingkan dengan prediksi mobilitas saat Idul Fitri 2021, serta libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Sumber Artikel : Ramadan.tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *