Maknai Asmaul Husna Masjid 99 Kubah Makassar Penuh Keistimewaan

oleh -757 Dilihat
oleh
Maknai Asmaul Husna Masjid 99 Kubah Makassar Penuh Keistimewaan
Ilustrasi Masjid 99 Kubah, Makassar. (Foto: Explore Wisata)

JAKARTA, Kompas Sulawesi Maknai Asmaul Husna atau nama-nama Allah, Masjid 99 Kubah Makassar menjadi salah satu ikon di Provinsi Sulawesi Selatan, serta memiliki sejumlah keistimewaan.
Lokasi masjid ini berada di area Centre Poin of Indonesia (CPI) Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur No.289, Losari, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Masjid ini masuk ke dalam deretan 10 masjid unik di Indonesia dan terbesar se-Sulawesi.

Pembangunan Masjid Kubah 99 Makassar ini menggunakan dana mencapai Rp 185 miliar, dan dengan pengerjaan yang cukup memakan waktu yang lama. Masjid ini di desain oleh Ridwan Kamil, saat ini Gubernur Jawa Barat yang berkolaborasi dengan arsitektur lokal bernama Musrif.

Adapun keunikan serta keistimewaan dari Masjid 99 Kubah Makassar ini diantaranya, memiliki 99 kubah yang diambil dari Asmaul Husna. Masjid ini juga di dominasi warna-warna terang, berupa kuning, jingga, coklat, putih dan merah.

Selanjutnya, Masjid 99 Kubah Makassar tidak memiliki pendingin ruangan, dengan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, Masjid ini menjadi ikon baru Sulawesi Selatan. Saat sunrise, Masjid 99 Kubah Makassar ini terlihat sangat indah, berdiri di lahan reklamasi Pantai Losari. Lokasinya juga starategis, karena berdiri di kawasan Center Point of Indonesia Makassar, yang juga kawasan pantai.

Kemudian, Masjid ini dapat menampung jamaah dalam jumlah yang banyak. Masjid 99 Kubah Makassar memiliki daya tampung 5.000 jemaah di dalam ruangan. Sedangkan di pelataran akan didesain serupa Masjidil Haram yang diperkirakan dapat menampung 10 ribu jamaah. Tidak hanya itu, bagian luar pelataran dapat digunakan sebagai tempat menikmati sunset dan melihat-lihat pemandangan.

Perlu diketahui, Masjid 99 Kubah Makassar juga memiliki atraksi air mancur. Pada 2018 lalu Gubernur Sulawesi Selatan meresmikan air mancur menari Masjid 99 Kubah Makassar. Air mancur ini akan muncul selama 30 menit usai salat Magrib dan menjelang Isya.

Ada tujuh macam warna dan bisa berubah-ubah sesuai musik yang diputar. Air mancur ini bisa mengucur setinggi 17 meter, sehingga membuat air mancur masjid ini jadi air mancur terpanjang kedua setelah air mancur Sri Baduga Purwakarta, dan jadi air mancur terbesar di luar pulau Jawa.

Sumber Artikel : Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *