PSSI: Ramai Rumakiek Diupayakan Berangkat ke SEA Games

oleh -3658 Dilihat
oleh
PSSI: Ramai Rumakiek Diupayakan Berangkat ke SEA Games
Ilustrasi Ramai Rumakiek (Foto: doc. PSSI)

JAKARTA, Kompas Sulawesi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan kesembuhan Ramai Rumakiek agar bisa mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam.

Ramai Rumakiek batal mengikuti pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Korea Selatan karena mengalami cedera otot paha. 

Buntut dari cedera bintang muda Persipura Jayapura itu, pelatih Shin Tae-yong mencoret sang pemain dari skuad timnas U23 Indonesia untuk SEA Games 2021.

Cedera Ramai Rumakiek kini ditangani oleh PSSI. Mochamad Iriawan memerintahkan Head of Medis PSSI sekaligus timnas Indonesia, Syarif Alwi, untuk membawa sang pemain dari Jayapura ke Jakarta.
Ramai Rumakiek akan menjalani pengobatan di Jakarta hingga cederanya sembuh.

Rencananya, pemain kelahiran 19 April 2002 tersebut terbang dari Jayapura pada Senin (25/04/2022).

Meski Ramai Rumakiek sudah dicoret Shin Tae-yong, Iriawan mengatakan bahwa tenaga sang pemain masih dibutuhkan untuk SEA Games.

“Cedera Rumakiek harus diobati segera mungkin. Dia pernah berobat, tetapi belum juga sembuh. Itu sebabnya saya minta dia berobat di Jakarta sampai sembuh. Tenaganya sangat dibutuhkan di Vietnam,” ujar Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

Kemampuan Ramai Rumakiek yang mumpuni di sektor sayap menjadi faktor yang membuat PSSI mengupayakan kesembuhan pemain.
PSSI menilai, jika Rumakiek harus absen di Vietnam, kondisi tersebut akan menjadi kerugian bagi timnas U23 Indonesia.

“Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyembuhkan Rumakiek. Dia aset tim nasional, serta usianya masih muda dan kariernya masih panjang. Semoga cepat sembuh dan bisa bergabung dengan pemain-pemain lainnya,” ucap Iriawan.

Ramai Rumakiek Sempat Putus Komunikasi dengan Shin Tae-yong

Ramai Rumakiek adalah salah satu dari 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Jakarta dan Korea Selatan.

Namun, dia tidak masuk rombongan skuad timnas U23 Indonesia yang terbang ke Korea Selatan pada Jumat (15/04/2022). 

Pemain berusia 20 tahun itu sebenarnya sempat memberi informasi bahwa dirinya belum bisa bergabung ke pemusatan latihan timnas U23 Indonesia karena sakit.

Mendengar kabar itu, Shin Tae-yong disebut sudah menawarkannya untuk menjalani perawatan atau pemulihan di Jakarta. Namun, Ramai Rumakiek dikabarkan tidak membalas tawaran.
Sebelum berangkat ke Korea Selatan, tim pelatih timnas U23 Indonesia sudah meminta paspor Ramai Rumakiek untuk keperluan mengurus visa. 

Lagi-lagi, sang penyerang sayap lincah diam atau tidak menggubris permintaan tersebut. Shin Tae-yong lalu memilih bersikap tegas dengan mencoret Ramai Rumakiek dari skuad timnas U23 Indonesia untuk SEA Games 2021.

“Ramai Rumakiek tidak bisa bermain di SEA Games 2021. Kami sudah melayangkan surat pemanggilan, dia tidak respons sama sekali. Jadi, saya harus berikan sanksi kepada Ramai Rumakiek,” kata Shin Tae-yong dikutip dari situs PSSI.

TC Timnas U23 Indonesia di Korea Selatan Segera Berakhir

Timnas U23 Indonesia segera mengakhiri pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. 

Adapun timnas U23 Indonesia telah menjalani TC di Korea Selatan sejak 16 April 2022 dan sudah memainkan dua laga uji coba.

Hasil dua laga uji coba Garuda Muda berakhir dengan satu kemenangan dan kalah sekali. Kemenangan timnas U23 Indonesia hadir saat membekuk Andong Science College 4-2 pada Kamis (21/04/2022).

Pada laga uji coba kedua, Garuda Muda menyerah 0-2 dari tim K-League atau divisi teratas Liga Korea Selatan, Pohang Steelers, Sabtu (23/04/2022). 

Selanjutnya, Marselino Ferdinan dkk akan melawan tim K-League 2, Daejeon Hana Citizen, pada Rabu (27/04/2022).

Setelah itu, Garuda Muda akan kembali dulu ke Jakarta sebelum bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games 2021.

Sumber Artikel : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *