Pesepeda Asal Gorontalo dan Magelang Tujuan Makkah Tiba di Bangkok

oleh -3208 Dilihat
oleh
Pesepeda Asal Gorontalo dan Magelang Tujuan Makkah Tiba di Bangkok
Tiga Pesepeda Indonesia dalam Perjalanan ke Mekah Singgah di KBRI Bangkok, Jumat (20/05/2022). (Foto: Dok KBRI Bangkok)

BANGKOK, Kompas Sulawesi Pesepeda asal Indonesia Andi Harvin (27 tahun), Chairul Ma’atini (27 tahun) Provinsi Gorontalo dan Muhammad Fauzan (28 tahun) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang akan menuju Makkah saat ini telah tiba di Bangkok, Thailand.

Tiga pesepeda asal Indonesia tersebut, singgah di Kedutaan Besar (KBRI) Bangkok pada pukul 10.00, Jum’at (20/05/2022).

Ketiganya diterima di pintu gerbang KBRI Bangkok oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Mereka menuturkan kisah memasuki wilayah Thailand dari jalur Thailand selatan, dengan jarak tempuh harian bersepeda rata-rata 50 km/hari, kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang di tempuh adalah 190 km/hari.

Diketahui, Andi Harvin bersama Chairul telah meninggalkan kampung halamannya yaitu Gorontalo sejak Juni tahun lalu, sementara Fauzan dari Magelang baru bergabung sejak November 2021. Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Dalam perbincangan dengan Dubes Rachmat, ketiganya menuturkan keinginannya untuk dapat tiba di Makkah guna menunaikan ibadah haji. Sebelum dan selama perjalanan, mereka selalu berkomunikasi dengan komunitas sepeda di negara setempat, juga berkoordinasi dengan rekan-rekan mereka di tanah air mengenai rute perjalanan dan pengurusan dokumen perjalanan.

“Penting untuk menjaga tidak hanya kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental dan persiapan perjalanan yang baik, termasuk penguasaan medan tempuh. Agar perjalanan dapat berjalan baik,” ujar Dubes Rachmat kepada tiga pesepeda dalam keterangan pers KBRI Bangkok yang diterima Republika, Jumat (20/05/2022).

Di samping itu, Dubes menekanlan untuk memperhatikam pentingnya memastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan agar perjalanan lintas negara berjalan dengan lancar.

Tim pesepeda ini berencana akan berada di Bangkok selama 1 minggu untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Myanmar dan India. Selama berada di Bangkok, tim akan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Sumber Artikel : Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *