Ketua MUI: Abnaul Chairaat, Sekolah Salafiyah Diakui Pemerintah

oleh -12490 Dilihat
oleh
Ketua MUI : Abnaul Chairaat, Sekolah Salafiyah Diakui Pemerintah
ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga menjabat sebagai Kepala Seksi Haji, Kementrian Agama (Kemenag)Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Ustadz H. Sudirman tjora, memberikan sambutan pada perayaan haul Guru Tua Al’habib Idrus Bin Salim Al’jufri di halaman Ponpes Abnaul Chairaat Ahad (29/05/2022) (Foto : Redaksi ).

PARIMO, Kompas Sulawesi – Yayasan pondok pesantren (Ponpes) Abnaul Chairaat Parigi, mendapat apresiasi dari ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah terkait izin operasional sekolah.

“alhamdulillah, hebatnya Ustadz Musran menakhodai Ponpes Abnaul Chairaat, salah satu sekolah salafiyah seumur jagung namun telah memiliki dua legalitas yang diakui pemerintah,”ucap Ustadz H. Sudirman tjora, di hadapan wali santri pada perayaan haul Guru Tua Al’habib Idrus Bin Salim Al’jufri, untuk mengenang perjuangan dan meningkatkan sinergitas al’khairaat lebih maju dan mandiri yang digelar di halaman Ponpes Abnaul Chairaat Ahad (29/05/2022) pagi tadi.

Sudirman tjora yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Haji, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Parimo itu juga mempertegas bahwa, Pendidikan Salafiyah yang mempunyai kedudukan dasarnya sama dengan pendidikan Formal yang ada di Madrasah ibtidaiyah, Aliyah maupun Sekolah sekolah Pada umumnya.

“Ponpes ini mempunyai legalitas secara hukum dalam mengeluarkan ijazah, dan bisa dipergunakan maupun melanjutkan pendidikan sampai keperguruan tinggi, dan akan diterimah dengan ijazah Salafiyah yang legalitasnya mempunyai dasar hukum yang disahkan oleh Pemerintah,”ungkapnya.

Ia juga menghimbau, bagi masyarakat yang ingin memasukan angota keluarganya di Ponpes Abnaul Chairaat, karena moto Ponpes ini salah satunya mencetak kader-kader terbaik memprioritaskan santriwan dan santriwati belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an untuk menjadi Hafiz Hafizah dan da’i da’iyah.

“berkat binaan dari Ustadz Musran Tahir S.Pd.i juga para ulamah habaib yang selalu bersama-sama membimbing para santri dan santriwati,”ujarnya.

Tambah dia, Adanya dua izin operasional dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek). Adapun Nomor statistik Ponpes Kemenag atau NSPP ialah 500072080013, sedangkan Nomor Statistik Pesantren Nasional Kemdikbudristek atau NPSN ialah 70014666.

Tepat di juni 2022 Ponpes Abnaul Chairat sudah berusia tiga tahun dengan jumlah santrinya kurang lebih 197 santri

“Harapan kami kepada masyarakat , mari kita perkenalkan secara luas Ponpes Abnaul Chairaat yang kita cintai ini agar kiranya Ponpes ini akan berjaya di masa-masa yang akan datang,”tutupnya.

Laporan : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *