Tahapan Pemilu 2024, KPU Parimo Fokus Pemutakhiran DPT

oleh -229 Dilihat
oleh
Tahapan Pemilu 2024, KPU Parimo Fokus Pemutakhiran DPT
Ketua KPU Parimo, sekaligus ketua Devisi perencanaan data dan informasi, Sulfiana DG Patanga, S. Sos. (Foto: KOMPASSULAWESI/Ahmad)

PARIMO, Kompas Sulawesi Dimulainya tahapan pemilu 2024 pada 14 Juni 2022 malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, terus berupaya untuk melakukan pemutakhiran data Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dikarenakan, banyaknya pemilih pemula yang belum melakukan perekaman. Sementara persyaratannya, data DPT baru bisa dimasukan jika pemilih pemula telah melakukan perekaman.

“Saat ini untuk data DPT masih dalam tahap pemutakhiran berkelanjutan dari pemilu sebelumnya,” ujar Ketua KPU Parimo, sekaligus ketua Devisi perencanaan data dan informasi, Sulfiana DG Patanga, S. Sos, usai menghadiri pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024 yang digelar secara virtual di kantor KPU Parimo, Selasa (14/06/2022).

Sebelum tahapan atau Non tahapan pemilu 2024 dimulai secara virtual pada 14 Juni 2024 malam oleh KPU Republik Indonesia, pihaknya telah melakukan dua kegiatan diantaranya mengenai desa pemilu pemilihan dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Parimo, terkait banyaknya pemilih pemula yang belum melakukan perekaman.

Olehnya ia mengimbau kepada seluruh kepala sekolah di Kabupaten Parimo, agar turut berperan aktif menyampaikan siswanya dalam melakukan perekaman pemilih pemula.

Sehingga, tahapan program terkait pemutakhiran data bisa terlaksana dengan baik jelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Selain berkoordinasi dengan Dukcapil Parimo, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa, terkait kelengkapan data autentik untuk dimasukan dalam DPT.

Olehnya, ia berharap kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah hingga stakeholder terkait, agar dapat berpartisipasi aktif dalam pengunaan hak pilih, yang terutama untuk wajib pilih bagi pemula atau pelajar.

“Demi pemutakhiran DPT, bulan kemarin kami telah mengadakan sosialisasi melalui show meeting di 283 desa dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Parimo,” ungkapnya.

Laporan : Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *