Kepala BNPB Pusat, Serahkan Bantuan Korban Banjir Torue

oleh -3482 Dilihat
oleh
Letjen Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Pusat menyerahkan bantuan lostik bagi korban banjir di Desa Torue Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, pada Ahad, (31/07/2022). (Foto: Abdul Main_KOMPASSULAWESI.ID)

PARIMO, Kompas Sulawesi – Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Pusat, Letjen Suharyanto,  menyerahkan dana oprasional awal sebesar 250 juta rupiah beserta lostik bagi korban banjir di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, pada Ahad, (31/07/2022).

Saat dilokasi bencana, nampak Kepala BNPB Pusat, di dampingi oleh sejumlah jajaran nya serta pejabat Pemrov Sulteng dan Pemda Parimo.

Ia mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Pemda Kabupaten Parimo, yang langsung menetapkan selama dua pekan tanggap darurat.

“Saya mengapresiasi langkah baik Pak Bupati Parimo yang langsung menetapkan tanggap darurat bencana selama dua minggu,” tuturnya.

Selanjutnya ia menambahkan, kedatanganya di Kabupaten Parimo adalah atas intruksi dari Bapak Presiden Republik Indonesia (RI), untuk meninjau langsung masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Kemudian, sebelumnya pihaknya pun sudah mengutus beberapa penjabat lainnya yang ada di BNPB Pusat untuk turun langsung ke lokasi banjir bandang di Kabupaten Parimo.

“Pasca terjadinya banjir bandang di Desa Torue, Kabupaten Parimo, saya sudah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) serta Penjabat eselon 1 dan 2,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, agar warga yang saat masih ada di tempat pengungsian dipastikan bahwa seluruh kebutuhan dasarnya bisa terpenuhi.

Selain itu kata dia, setelah berakhir masa tanggap darurat, masyarakat yang terdampak bisa di data untuk dapat dibangunkan kembali tempat tinggalnya oleh kementerian terkait.

Laporan : Abdul Main

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *