Program Kreatif Desa Pilot Project Siap Gencar Stunting

oleh -2791 Dilihat
oleh
Program Kreatif Desa Pilot Project Siap Gencar Stunting
Ilustrasi Kepala Bappeda Sulteng, Dr. Ir.Cristina Sandra Tobondo. (Foto: wartainfo.id)

SIGI, Kompas Sulawesi Tekan capaian percepatan penurunan angka stunting di Sulawesi Tengah (Sulteng), Pemerintah Provinsi (Pemprov), telah membuat sebuah program kreatif yang dinamakan Desa Pilot Project siap gencar dan aman stunting.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Sulteng, Dr. Ir.Cristina Sandra Tobondo MT, saat meghadiri lounching gerakan dan komitmen bersama untuk penurunan stunting terintegrasi dengan kemiskinan, bertempat di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sabtu (20/08/2022).

“Program tersebut merupakan bagian dari fungsi Pemprov, untuk melaksanakan fasilitasi, supervisi serta pembinaan dan pengawasan penerapan delapan aksi integrasi, baik intervensi gizi spesifik maupun sensitif bagi keluarga sasaran prioritas,” ujar Dr. Ir. Cristina.

Ia juga menjelaskan, program ini menjadi Role Model (praktik terbaik) bagi desa-desa lainnya di Sulteng, dalam upaya menurunkan angka stunting lebih cepat dan efektif dengan Tag Line atau deskripsi singkatnya, “Siap Gencar dan Aman Stunting”.

Dengan maksud mempersiapkan generasi Sulteng 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) menuju generasi cerdas, produktif, sejahtera dan mandiri.

Cristina menyebut, program inovatif ini akan dilaksanakan di dua Kabupaten, antara lain Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong.

Untuk Kabupaten Sigi kata ia, dilaksanakan di tiga Desa. Diantaranya Desa Pakuli, Waturalele, dan Sibalaya. Sementara Kabupaten Parigi Moutong, di laksanakan di Desa Marantale, Siney dan Tudalenggi Sibatang.

“Tujuan pelaksanaan ini, agar terciptanya koordinasi dan konvergensi dalam tim percepatan penurunan stunting Sulteng, dan juga sebagai tindak lanjut hasil rekomendasi tim fasilitator tangguh inovasi desa siap gencar aman stunting,” pungkasnya.

Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *