Miliki PBG, Bangunan Peroleh Perlindungan Hukum

oleh -1591 Dilihat
oleh
KKPR Menjadi Acuan Penting dalam Perizinan Berusaha
Kepala Bidang Tata Ruang, Dinas PUPRP, Kabupaten Parimo, Ade Prasetya Saputra. (Foto: KOMPASSULAWESI/Basrul Idrus)

PARIMO, Kompas Sulawesi Selain untuk menciptakan tata letak bangunan yang sesuai dengan peruntukan lahan, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), juga bertujuan untuk memperoleh perlindungan hukum bagi pemilik bangunan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, Ade Prasetya Saputra, diruang kerjanya, Selasa (23/08/2022).

“Jika tidak memiliki PBG, suatu saat ada pelebaran jalan, terpaksa bangunan yang terkena jalur pelebaran jalan tersebut akan dibongkar, dan pemilik bangunan tidak mendapatkan ganti rugi dari bangunan yang dibongkar, jika memiliki PBG akan ada perlindungan hukum dan bisa mendapatkan ganti rugi,” jelasnya.

Kata dia, PBG merupakan pengganti dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan untuk pendaftarannya, langsung berhubungan dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Parimo, atau bisa juga diakses melalui sistim online.

Karena PBG masih baru, pihaknya kata dia, akan mensosialisasikan kepada masyarakat terlebih dahulu, agar masyarakat bisa memahaminya.

“Sebab hanya ada beberapa poin saja yang urusanya berkaitan dengan Bidang Tata Ruang, selebihnya di DPMPTSP dan melalui online,” ungkapnya.

Laporan : Iwan Tj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *