Lewat Program PISEW, Desa Sendana Bangun Wisata Religi

oleh -3209 Dilihat
oleh
Lewat Program PISEW, Desa Sendana Bangun Wisata Religi
Lewat program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW), yang juga merupakan program Presiden Jokowi melalui Kementerian PUPR, Pemdes Sendana akan membangun wisata religi. (Foto: Istimewa)

PARIMO, Kompas Sulawesi Pemerintah Desa (Pemdes) Sendana, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, saat ini sedang membangun beberapa Infrastruktur, berupa jalan menuju tempat wisata religi dan plat deker.

Upaya itu dilakukan Pemdes Sendana lewat program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW), yang juga merupakan program Presiden Jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Sendana, Mahyuddin, melalui status media sosialnya, (Facebook), Kamis (25/08/2022).

Kepada media ini ia menjelaskan, di tahun ini, ada dua program prioritas menggunakan dana PISEW, yakni jalan lintas persiapan pemakaman yang berada di Dusun satu dan pembuatan plat deker yang ada di Dusun lima.

Agar terwujudnya wisata religi kata dia, selain dana PISEW pihaknya juga akan menggunakan Dana Desa (DD), untuk membangun lampu jalan, jaringan internet, pintu gerbang dan tempat wudhu di areal jalan lintas pemakaman.

“Dilokasi jalan lintas persiapan pemakaman akan kami buat seperti taman, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai macam kegiatan keagamaan dan kegiatan lainya, disini kami akan shering anggaran PISEW dan DD, agar wisata religi Desa kami bisa terwujud seindah mungkin,” jelasnya.

Desa Sendana kata dia, sudah dua kali berturut-turut mendapatkan dana PISEW, di tahun 2021, pihaknya bekerja sama dengan Desa Kasimbar Selatan, dan tahun ini Desa sendana bekerja sama dengan Desa Labuan Donggulu.

“Ditahun lalu, Dana PISEW digunakan untuk membangun rabat beton sepanjang 300 meter lebih di daerah persawahan, yang menghubungkan antara Desa Sendana dan Kasimbar selatan. Karena telah dipercakan oleh masyarakat selama dua periode untuk menjadi pemimpin di Desa ini, Insya Allah saya akan menjaga amanah tersebut dan bekerja semampu mungkin untuk terus mengembangkan Desa ini,” ujarnya.

Laporan : Iwan TJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *