BPBD Parimo Siapkan Data Penerima Huntara

oleh -1327 Dilihat
oleh
BPBD Parimo Siapkan Data Penerima Huntara
Sekretaris BPBD Parimo, Rivai mengatakan, rencananya ada sekitar 40 unit Huntara yang akan dibangun, tetapi jumlah itu kemungkinan bertambah. (Foto: Red-KOMPASSULAWESI)

PARIMO, Kompas Sulawesi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, saat ini sedang menyiapkan data penerima Hunian Sementara (Huntara) bagi warga terdampak banjir bandang di Desa Torue yang rencananya akan mulai dibangun pekan depan.

Rencananya ada sekitar 40 unit Huntara yang akan dibangun, tetapi jumlah itu kemungkinan bertambah.

“Yang akan membangun Huntara itu BPBD Provinsi, tetapi mereka membutuhkan dukungan data penerima dari kami. Karena harus ada Surat Keputusan (SK) siapa semua penerima,” ungkap Sekretaris BPBD Parimo, Rivai, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/08/2022) kemarin.

Menurutnya, masyarakat yang rumahnya selalu terdampak parah atau yang terus dilalui banjir juga akan diusahakan agar mendapat Huntara.

“Kemungkinan akan bertambah, karena permintaan masyarakat yang rumahnya termasuk daerah bahaya yang terus dilalui air,” ujar Rivai.

Kata dia, Huntara tersebut akan dibangun di lahan milik desa di dusun dua Desa Torue seluas 7500 meter, yang dipinjamkan selama dua tahun, sembari menunggu pembangunan hunian tetap yang akan dibangun Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

“Minggu depan sudah mulai eksyen pembangunan Huntara, karena saat ini sudah selesai penunjukan kontraktor yang membangun,” ucapnya.

Dia menambahkan, saat ini BPBD Parimo masih berada di lokasi banjir bandang di Desa Torue, hingga masa tanggap berakhir pada September mendatang.

”Setelah masa tanggap berakhir, akan ada masa transisi pemulihan sehingga kami akan terus disana untuk mengawal pemulihan masyarakat hingga berdirinya huntap,” kata Rivai.

Laporan : Kahiyang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *